Posted by Aji Celestia | 0 comments

"Art of Handling Complain"


Bagi seorang marketer, sanggahan oleh calon konsumen adalah makanan sehari-hari. Namun tak jarang sanggahan tsb membuat bingung, mati kutu yg ujung2nya men"down"kan (wabil khusus bagi marketer pemula).

Sy ingin berbagi fakta menarik dari sanggahan, agar mindset kita berubah 180% dan mampu mengolah sanggahan menjadi "hot button" penutupan penjualan. Mari kita cek beberapa persepsi n faktanya.

1. Persepsi kita : Calon konsumen (CK) menyanggah berarti mereka tidak berminat dgn produk. FAKTAnya : tidak ada sanggahan, maka tidak ada minat, tdk ada minat tdk ada penjualan. Nah, itu berarti semakin banyak sanggahan, semakin besar peluang keberhasilan menjual.

2. Persepsi dan respon kita : Menyanggah/menyerang balik sanggahan konsumen. FAKTAnya : Kebanyakan orang tidak suka disanggah atas pendapat mereka (ego), begitu juga CK. Di bagian ini kita sering terjebak, untuk "membela" produk :). jangan gegabah, terima sanggahan dengan bijak, perlakukan sanggahan sebagai permohonan lebih banyak informasi dari CK kepada kita.

3. Persepsi kita : CK yg banyak bertanya dan menyanggah, adalah CK yg cerewet dan ujung2nya tdk membeli. FAKTAnya : CK seperti itu adalah CK yg membutuhkan alasan baik baginya utk membeli produk kita. mereka tidak ingin kecewa dan menyesal, mereka butuh dukungan positif tuk mengambil resiko pembelian.


Maka jangan ragu menyimak setiap sanggahan, memuji dan memberi alasan HEBAT. Mindset baru terhadap sanggahan ini InsyaAllah akan merubah perilaku dan respon kita thp calon konsumen dan tentu pula hasil akhirnya yaitu Penjualan yg Sukses. Selamat mempraktekkan! love ur costumer, serve with d best! @Aji

0 comments: